PIK2 – Langkah Mengurusi IMB

PIK2

PIK2

PIK2 –¬†Apakah itu IMB?

Sebelumnya bangun satu tempat tinggal, ada satu keharusan yang butuh dimilki, yakni IMB (Izin Membangun Bangunan). Surat IMB diberikan lembaga berupa dinas yang ada di lokasi pemerintah tingkat kota untuk tiap-tiap gagasan pembangunan tempat tinggal baru, rehabilitasi maupun renovasi. Bangunan yang disebut termasuk juga tempat tinggal, tempat tinggal susun, tempat tinggal beribadah, sampai gedung perkantoran.

Mengurusi IMB baiknya dikerjakan juah sebelumnya proses pendirian pembangunan hingga nantinya tak punya masalah dengan beberapa ketentuan yang berlaku. Ketidaklengkapan dokumen properti bakal menyusahkan sipemilik tempat tinggal nantinya waktu menginginkan melakukan renovasi maupun jual tempat tinggal.

Langkah Mengurusi IMB

Banyak orang-orang yg tidak mengurusi IMB lantaran malas dengan prosedur yang disangka bakal berbelit-belit. Walau sebenarnya maksud IMB yaitu membuat tata letak bangunan yang teratur, nyaman serta sesuai sama peruntukan tanah. Tata letak bangunan yang teratur nanti bakal berbuntut jadi tata kota yang tambah baik.

Lantas, bagaimana caranya mengurusi IMB? Dalam mengurusi permintaannya mesti dibarengi dengan kelengkapan beberapa dokumen. Sebagian salah satunya yaitu photo copy gambar gagasan serta denahnya, photo copy sertifikat tanah, photo copy KTP yang memiliki tempat serta bangunan, &surat kesepakatan pemakaian tempat, bila tanah itu bukanlah punya si yang memiliki lahan

Dalam sistem pembuatan IMB bias mengonsumsi cost tidak kian lebih satu juta rupiah apabila diurus sendiri sesuai sama jalur serta saat yang ditetapkan. Saat yang diperlukan yaitu 2-3 minggu. Periode waktu sistem IMB tidak sama bergantung kebijakan daerah pengawasan setempat serta kesiapan berkas yang dibutuhkan.

IMB juga bias diperbarui bila dalam sistem pembangunan alami pergantian penting atau renovasi yang beresiko dengan lingkungan, seperti pergantian manfaat serta bentuk. Pergantian yang disebut, umpamanya menambahkan ruang atau berpindah manfaat (umpamanya rumah jadi ruko atau tempat usaha lain)

Bila menginginkan mengurusi IMB tanpa ada pertolongan layanan, sebagian langkah yang perlu diikuti yaitu :

Mengambil formulir di Dinas Perkerjaan Umum setempat
Formulir di isi serta di tandatangani diatas materai Rp. 6000 oleh pemohon
Formulir dilegalisir kelurahan serta kecamatan di mana bangunan bakal didirikan
Lampiran-lampiran yang dibutuhkan masing (-masing 3 rangkap) yaitu :
Gambar denah, terlihat (minimum 2 gambar), potongan (minimum 2 gambar), gagasan pondasi, rencanaatap, gagasan sanitasi dan site rencana.
Gambar konstruksi beton dan perhitungannya.
Gambar konstruksi baja dan perhitungannya
Hasil penyelidikan tanah dan uji laboratorium mekanika tanah untuk bangunan berlantai 2 atau lebih.
Surat info kepemilikan tanah/sertifikat HM (Hak Punya)/HGB (Hak Manfaat Bangunan).
Surat kesepakatan tetangga, untuk bangunan berhimpit dengan batas persil.
Surat kerelaan tanah bermaterai Rp. 6000 dari yang memiliki tanah yang di ketahui oleh Lurah dan camat, jika tanah bukanlah punya pemohon
Surat Perintah Kerja (SPK) jika pekerjaan diborongkan
Ada izin usaha (HO) untuk bangunan komersial
Ada izin prinsip dari petinggi Kepala Daerah apabila tempat bangunan menyimpang dari Tata Ruangan Kota.
Formulir yang sudah di isi beserta lampiran-lampirannya diserahkan ke DPU.
Pemohon (yang mengurus mb) bakal diberitahu apakah permintaan izin bangunan di setujui atau tak.
Yakinkan untuk lengkapi semua dokumen supaya sistem pembuatan IMB lebih lancer serta pas saat. Upayakan untuk mengurusi IMB tanpa ada pertolongan calo. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk menolong untuk lebih tahu masalah prosedur tentang IMB, serta tak terserang cost yang tinggi dari calo.

Leave a Reply